Grand Theft Auto


Grand Theft Auto - Adalah salah satu game bergenre open world action-adventure yang dibesut oleh Rokstar Games. Banyak seri dari game yang sering disingkat GTA ini. Dari tahun 1997 sejak peluncuran seri pertama game ini yang berjudul Grand Theft Auto, sampai saat ini seri terbaru dari Grand Theft Auto adalah GTA V yang memiliki grafik yang sangat memukau.

Bertemakan di kota fiktif yang di adaptasi dari kota kota di Amerika Serikat yang dimodifikasi namanya seperti Los Santos (Los Angles), San Fierro (San Fransisco), Las Venturas (Las Vegas), dan Liberty City (NY City). Namun tidak semua seri Grand Theft Auto sering kita dengar. Karena memang tidak semua seri game ini populer di Indonesia dan bahkan asing di telinga gamer Indonesia. Dalam post ini akan kita bahas evolusi dan perkembangan seri Grand Theft Auto, dari nenek moyang sampai sekarang kita mengenal GTA V.

Baca Juga 10 Game HD Yang Ditunggu Tunggu Rilis Pada Tahun 2016

1. Grand Theft Auto

Seri pertama Grand Theft Auto rilis di Eropa dan Amerika pada Oktober 1997 untuk MS-DOS, Windows dan 14 Desember 1997 untuk PlayStation. Dikembangkan oleh DMA Design yang sekarang kita kenal dengan Rokstar North, dan dipublikasikan oleh Rokstar Games.

Logo dan tampilan cover dari game ini sangat berbeda dengan seri tahun 2000-an. Dengan grafik 2D, game ini bercerita tentang sekelompok penjahat di 3 kota fiksi AS yang melakukan perampokan bank, pembunuhan, dan kejahatan lainnya. Permainan ini awalnya diberi nama Race'n'Chase dan hampir dibatalkan karena masalah produksi.

Grand Theft Auto

2. Grand Theft Auto: London, 1969

Grand Theft Auto london bisa dibilang anak dari Grand Theft Auto. Karena ini adalah game yang dikembangkan dari seri sebelumnya dan memiliki gameplay yang sama.

Game ini mengusung Game Engine yang sama dengan seri Grand Theft Auto. Alhasil, grafik game ini pun tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya yaitu Grand Theft Auto.

Game ini dirilis pada 31 Maret 1999 untuk Microsoft Windows dan pada tanggal 30 April 1999 PlayStation. Seperti yang dikutip oleh Wikipedia, game ini adalah mission pack untuk seri Grand Theft Auto.

Grand Theft Auto: London

3. Grand Theft Auto 2

Seri kedua dari game Grand Theft Auto adalah Grand Theft Auto 2. Berbeda dengan Grand Theft Auto: London, 1969 yang merupakan kembangan dari seri pertama.

Grand Theft Auto 2 mengusung gameplay yang berbeda namun dengan tampilan yang sama, yaitu top-down perspective. Game ini dirilis tanggal 30 September 1999 untuk Microsoft Windows, dan pada tanggal 22 Oktober 1999 untuk PlayStation.

Game ini juga menjadi akhir dari seri game GTA yang mengusung grafik 2D, kemudian dilanjutkan oleh seri Grand Theft Auto III yang sudah mempunyai grafik 3D.

Grand Theft Auto 2

Grand Theft Auto 2

4. Grand Theft Auto III

Seri ketiga dari game Grand Theft Auto adalah Grand Theft Auto III. Sama seperti pendahulunya, Grand Theft Auto III tetap mengusung genre open world yang mempunyai unsur kekerasan, pembunuhan, dan adegan lainnya yang tidak layak dimainkan oleh anak dibawah umur.

Dikembangkan oleh DMA Desain dan diterbitkan oleh Rockstar Games, seri ini dirilis pada tanggal 22 Oktober 2001 untuk PlayStation 2, tanggal 20 Mei 2002 untuk Microsoft Windows, dan pada 31 Oktober 2003 untuk Xbox. 

Grand Theft Auto III adalah seri GTA yang pertama kali mengusung grafik 3D dengan kamera Third Person Perspective. Game ini memiliki protagonis bernama Claude dan berlatarkan di kota fiktif yaitu Liberty City yang diadobsi dari kota New York City. Di seri Grand Theft Auto San Andreas, Claude adalah karakter yang terjerat di dunia gang, kriminalitas, dan korupsi.

Setelah game ini rilis, game ini diakui dan disanjung oleh banyak reviewer yang memuji gameplay, konsep, dan juga penggunaan 3D Game Engine yang pertama kalinya dalam seri Grand Theft Auto. Alhasil, game ini menjadi game terlaris pada tahun 2001, dan telah terjual sebanyak 17 juta kopi pada tahun 2011.

Grand Theft Auto III

Grand Theft Auto III

5. Grand Theft Auto: Vice City

Grand Theft Auto: Vice City dirilis pada 27 Oktober 2002 untuk PlayStation 2, kemudian 12 Mei 2003 untuk Microsoft Windows, dan pada 31 Oktober 2003 untuk Xbox konsol. Tetap pada genre open world action-adventure, game ini memiliki tampilan Third Person Perspective. 

Berlatarkan pada kota fiksi seperti judulnya yaitu Vice City pada tahun 1986, Tommy Vercetti, seorang pembunuh bayaran Mafia yang dilepaskan dari penjara. Setelah terjebaknya dia ke dalam transaksi obat terlarang, Tommy berusaha memberantas mereka yang terlibat sambil membangun kerajaan kriminal dan merebut kekuasaan dari organisasi kriminal lain di kota tersebut.

Lagi lagi pujian diterima oleh Rokstar inc,. Game ini diakui oleh banyak pengulas yang memuji Musik dan juga Gameplay. Game ini juga menjadi game terlaris tahun 2002, dan sudah terjual sebanyak 20 juta kopi sampai tahun 2011. Juga tahun 2006, game ini mendapat predikat the best-selling PlayStation 2 Video Game all of time.

Grand Theft Auto: VC

Grand Theft Auto: VC

6. Grand Theft Auto: Game Boy Advance

Seri ini adalah satu satunya game Grand Theft Auto yang tidak dikembangkan oleh Rokstar Studio melainkan oleh Digital Eclipse namun tetap diterbitkan oleh Rokstar Games. Game ini mengusung kembali tampilan 2D dan top-down perspective yang sebelumnya ditemui di seri pertama dan seri kedua game Grand Theft Auto. Game ini disebut sebagai Grand Theft Auto Advance, dirilis pada tahun yang sama dengan game Grand Theft Auto: San Andreas.

Grand Theft Auto: GBA

Grand Theft Auto: GBA

7. Grand Theft Auto: San Andreas

Kemudian adalah GTA San Andreas. Mungkin seri yang satu ini tidak asing ditelinga gamer Indonesia, pasalnya game ini ada pada hampir semua rental PlayStation 2 dan juga seri GTA yang paling banyak dimainkan di Indonesia. Game ini dirilis pada tanggal 26 Oktober 2004 untuk PlayStation 2 konsol, dan pada tanggal 7 Juni 2005 Microsoft Windows dan Xbox.

Dengan protagonis bernama Carl Johnson, game ini bercerita tentang Carl yang ingin mengembalikan posisi gangnya, Grove St. Families yang sudah tertindas oleh gang lain untuk bangkit kembali dan merajai seluruh kota sambil membongkar misteri kepergian ibunya. Ditemani dengan kakaknya Sweet Johnson, dan juga dua temannya Ryder dan Big Smoke yang nantinya akan berhianat.

Seri GTA yang satu ini memiliki grafik 3D dan juga kamera third person perspective. Game ini diakui oleh banyak pengulas yang memuji musik, cerita dan gameplay nya. Seri GTA ini menjadi video game terlaris tahun 2004, dan telah terjual lebih dari 27 juta kopi. Pada tahun 2004 seri ini juga menjadi the best selling PlayStation 2 all of time menggeser saudaranya yaitu GTA Vice City.

Grand Theft Auto: SA

Grand Theft Auto: SA

8. Grand Theft Auto: Liberty City Stories

Selanjutnya yaitu Grand Theft Auto Liberty City Stories. Seri GTA yang satu ini dikembangkan oleh Rockstar Leeds dalam hubungannya dengan Rockstar North dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Dirilis pada tanggal 24 Oktober 2005 untuk PlayStation Portable. Seperti yang dikutip oleh Wikipedia, game ini diterbitkan dan didistribusikan oleh Capcom untuk rilis Jepang. Lalu dirilis pada PlayStation 3 melalui PlayStation Network pada tanggal 2 April 2013. Dan untuk PlayStation 2 dirilis pada tanggal 6 Juni 2006 di Amerika Utara.

Latar Liberty City sebagian besar mirip dengan Grand Theft Auto III, sementara itu juga menggabungkan unsur-unsur yang ditemukan di Grand Theft Auto III, seperti perlengkapan indoor yang lebih, fitur berganti pakaian, dan juga terdapat sepeda motor. Selain itu, pemain memiliki fleksibilitas lebih dalam hal memindahkan kamera untuk melihat lingkungan sekitar, tidak seperti GTA III yang terasa lebih terbatas dalam hal ini. 

Hal-hal yang dihilangkan dari game ini adalah kemampuan untuk memanjat dan kemampuan untuk berenang. Kontak tubuh dengan air secara langsung berakibat fatal pada game ini. Lalu untuk ukuran kota secara keseluruhan, Liberty City jauh lebih kecil dibandingkan dengan San Andreas.

Grand Theft Auto: LCS

Grand Theft Auto: LCS

9. Grand Theft Auto: Vice City Stories

Seperti halnya seri sebelumnya, yaitu Liberty City Stories, seri GTA yang satu ini dikembangkan oleh Rockstar Leeds dalam hubungannya dengan Rockstar North dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Dirilis pada tanggal 31 Oktober 2006 untuk PlayStation Portable dan kemudian untuk PlayStation 2 pada tanggal 5 Maret 2007. Seri GTA yang satu ini menjadi seri terakhir GTA yang memiliki grafik 3D, setelah itu disusul oleh Grand Theft Auto IV yang memiliki grafik HD.

Grand Theft Auto: VCS

Grand Theft Auto: VCS

10. Grand Theft Auto IV

Selanjutnya adalah seri keempat dari game Grand Theft Auto, yaitu Grand Theft Auto IV. Seri keempat game GTA ini dirilis pada tanggal 29 April 2008 untuk PlayStation 3 dan Xbox 360 konsol, dan pada tanggal 2 Desember 2008 di Microsoft Windows.

Berlatarkan di kota fiksi Liberty City, dan protagonis seorang veteran perang, Niko Bellic dalam upayanya untuk melarikan diri masa lalunya, sementara itu juga di bawah tekanan dari rentenir dan bos mafia. Desain dunia yang terbuka memungkinkan pemain bebas berkeliaran Liberty City, yang terdiri dari tiga pulau utama.

Seperti seri sebelumnya, game ini memiliki tampilan third person perspective namun dengan grafik yang jauh lebih bagus daripada para pendahulunya, GTA IV juga merupakan seri pertama dari GTA yang mempunyai grafik HD. Jadi untuk yang mau memainkannya di PC harus mempunyai hardware yang mumpuni.

Grand Theft Auto: IV

Grand Theft Auto: IV

11. Grand Theft Auto: Chinatown Wars

Singkat saja tentang seri GTA yang satu ini. GTA Chinatown Wars ini dikembangkan oleh Rockstar Leeds dalam hubungannya dengan Rockstar North dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Game ini dirilis pada 17 Maret 2009 untuk Nintendo DS, 20 Oktober 2009 untuk PlayStation Portable, 17 Januari 2010 (iPhone dan iPod Touch) dan 9 September 2010 (iPad) di iOS, dan 18 Desember 2014 untuk Android dan Api perangkat OS.

Grand Theft Auto: CW

Grand Theft Auto: CW

12. Grand Theft Auto: The Lost and Damned

Grand Theft Auto: The Lost dan Damned (awalnya dikenal sebagai Grand Theft Auto IV: The Lost dan Damned) adalah yang pertama dari dua paket ekspansi episodik dikembangkan untuk Xbox 360, PlayStation 3 dan versi PC dari Grand Theft Auto IV, yang dikembangkan oleh Rockstar North dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Game ini dirilis untuk Xbox 360 pada tanggal 17 Februari 2009 dan pada PlayStation 3 dan Microsoft Windows pada tanggal 13 April 2010. Game ini memiliki grafik yang memukau seperti seri keempat GTA yaitu GTA IV.

Grand Theft Auto: TLD

Grand Theft Auto: TLD

13. Grand Theft Auto: The Ballad of Gay Tony

Grand Theft Auto: The Ballad of Gay Tony adalah yang kedua dari dua paket ekspansi episodik tersedia untuk PlayStation 3, Microsoft Windows dan Xbox 360 dari versi Grand Theft Auto IV, yang dikembangkan oleh Rockstar North dan dirilis untuk Xbox 360 pada 29 Oktober 2009, kemudian dirilis untuk PlayStation 3 dan Microsoft Windows pada tanggal 13 April 2010. Seperti saudaranya yaitu GTA: The Lost And Damned, seri GTA satu ini juga memiliki game engine yang sama. Alhasil, grafiknya pun tidak jauh berbeda dengan GTA IV maupun The Lost and Damned.

Grand Theft Auto: TBGT

Grand Theft Auto: TBGT

14. Grand Theft Auto V

Seri terbaru dari game GTA adalah Grand Theft Auto V. Game ini dirilis pada 17 September 2013 untuk PlayStation 3 dan Xbox 360, pada 18 November 2014 untuk PlayStation 4 dan Xbox One, dan pada tanggal 14 April 2015 untuk Microsoft Windows. 

Berlatarkan di negara fiksi San Andreas, kisah tiga penjahat dan upaya mereka untuk melakukan perampokan sementara di bawah tekanan dari lembaga pemerintah. Genre open world memungkinkan pemain untuk mengeksplor seluruh kota Los Santos dan pedesaan San Andreas.

GTA seri kelima ini dapat dimainkan dengan kamera third person ataupun first person, namun untuk first person view hanya dapat dimainkan di Micosoft Windows, PlayStation 4, dan Xbox One. Pemain akan mengendalikan 3 protagonis yang dapat berganti ganti pada saat misi maupun diluar misi.

Terdapat pencurian, dan banyak dari misi melibatkan penembakan dan mengemudi. Pemain yang melakukan kejahatan dapat memicu respon dari lembaga penegak hukum, yang diukur dengan "wanted" sistem yang mengatur agresi respon mereka.

Pembangunan GTA V ini dimulai segera setelah rilis Grand Theft Auto IV dan dibagi antara banyak studio Rockstar di seluruh dunia. Grand Theft Auto V ini juga memecahkan rekor penjualan industri dan menjadi produk hiburan paling cepat terjual dalam sejarah, Rokstar meraup penghasilan 800 juta US Dollar di hari pertama dan 1 miliar US Dollar dalam tiga hari pertama.

Grand Theft Auto: V

Grand Theft Auto: V

Grand Theft Auto: V

15. Grand Theft Auto Online

Versi online dari GTA V ini rilis pada 1 Oktober 2013 untuk PlayStation 3 dan Xbox 360, dan dirilis pada 18 November 2014 untuk PlayStation 4 dan Xbox One, dengan versi Microsoft Windows pada tanggal 14 April 2015. Di game ini, lebih dari 30 pemain dapat bermain GTA V bersama sama.

Grand Theft Auto: Online


Nah, itu dia penjelasan singkat tentang perkembangan GTA dari tahun 1997 sampai saat ini. Mungkin beberapa tahun lagi akan muncul GTA versi terbaru yang mengusung grafik luar biasa. Yah, kita hanya harus menunggu karena perkembangan teknologi dari waktu ke waktu akan terus berkembang. Dan tidak heran jika beberapa tahun lagi kita bisa masuk ke dalam game tersebut sebagai protagonis.

Perkembangan Serial Game GTA (Grand Theft Auto) Dari Masa Ke Masa (1997 sampai sekarang)

Grand Theft Auto - Adalah salah satu game bergenre open world action-adventure yang dibesut oleh Rokstar Games. Banyak seri dari game yang sering disingkat GTA ini. Dari tahun 1997 sejak peluncuran seri pertama game ini yang berjudul Grand Theft Auto, sampai saat ini seri terbaru dari Grand Theft Auto adalah GTA V yang memiliki grafik yang sangat memukau. Bertemakan di kota fiktif yang di adaptasi dari kota kota di Amerika Serikat yang dimodifikasi namanya seperti Los Santos (Los Angles), San Fierro (San Fransisco), Las Venturas (Las Vegas), dan Liberty City (NY City). Namun tidak semua seri Grand Theft Auto sering kita dengar. Karena memang tidak semua seri game ini populer di Indonesia dan bahkan asing di telinga gamer Indonesia. Dalam post ini akan kita bahas evolusi dan perkembangan seri Grand Theft Auto, dari nenek moyang sampai sekarang kita mengenal GTA V.

Labels: ,

Post a Comment

Jangan buang waktu percuma untuk membuat komentar SPAM atau sekedar mencari backlink. Karena kedua komentar tersebut akan langsung dihapus.
Admin online 12/7

Author Name

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by Ollustrator. Powered by Blogger.